BIN: Pemerintah masih masih konfirmasi kabar penyadapan Presiden | balkot.com
Friday, 11 July, 2014, 19.08

BIN: Pemerintah masih masih konfirmasi kabar penyadapan Presiden

Posted on 19.08, Monday, July 29, 2013 | 15 Views | in NASIONAL

BIN: Pemerintah masih masih konfirmasi kabar penyadapan PresidenKepala Badan Intelijen Negara Marciano Norman. | Antara

Jakarta, BALKOT.com – Soal penyadapan terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan saat menghadiri Pertemuan Puncak G20 di London Inggris, pada 2009, Pemerintah Indonesia masih mengkonfirmasi kabar tersebut.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Marciano Norman, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/7), mengatakan itu semua pemberitaan sepihak dan kita tidak sepenuhnya percaya.

“Dari pemberitaan itu, kita tidak sepenuhnya percaya. Itu pemberitaan sepihak, memerlukan juga klarifikasi dari pihak lain. Kita mencari informasi yang sebenarnya. Ini sedang dalam proses,” katanya.
Marciano menerangkan, saat seorang kepala negara melakukan kunjungan ke suatu negara maka yang bersangkutan seharusnya mendapatkan jaminan keamanan, tidak hanya dalam melakukan kegiatannya namun juga keamanan informasi.

Ia mengatakan, perkembangan tehnologi yang sangat cepat dasawarsa ini menuntut kecakapan khusus untuk menjaga informasi negara agar tidak dengan mudah bocor.

Berita tentang penyadapan itu diketahui publik pada Juni ketika sebuah media Inggris merilis pernyataan mantan kontraktor badan intelijen Amerika Serikat yang saat ini menjadi buronan Washington, Edward Snowden, tentang kegiatan mata-mata yang dilakukan Inggris pada para delegasi Pertemuan Puncak G20 pada 2009.

Tags: , , ,