Pemkot Bandung bagikan motor pengangkut sampah | balkot.com
Tuesday, 16 September, 2014, 16.11

Pemkot Bandung bagikan motor pengangkut sampah

Posted on 16.11, Monday, April 8, 2013 | 17 Views | in SUDUT KOTA

Pemkot Bandung bagikan motor pengangkut sampahWakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda, saat memberikan hibah motor pengangkut sampah kepada masyarakat, di Plaza Balaikota Bandung, Jl. Wastukancana, Senin (8/4).

Bandung, BALKOT.com –  Permasalahan sampah merupakan masalah yang dihadapi hampir seluruh Kota-Kota yang ada di Indonesia, tidak terkecuali Kota Bandung.

Rata-rata setiap harinya Kota Bandung menghasilkan 1.500 ton sampah, namun hanya 1.000 ton sampai 1.100 ton sampah yang terangkut ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sedangkan sisanya didaur ulang kembali.

“Untuk mengangkut sampah, PD. Kebersihan hanya memiliki 102 truk, hanya 92 yang masih beroperasi, karena 10 truk lainnya dalam kondisi rusak berat. Saat ini kita masih kekurangan sekitar 48 truk sampah karena idealnya pengangkutan sampah Kota Bandung tersebut didukung oleh 140 truk,”

Hal tersebut dikatakan Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda saat memimpin apel mulai bekerja yang dirangkaikan dengan penyerahan hibah sepeda motor pengangkut sampah kepada masyarakat, di Plaza Balaikota Bandung, Jl. Wastukancana, Senin (8/4).

Kepala BPLH Kota Bandung, Ahmad Rekotomo mengatakan, permasalahan sampah ini harus ada solusi.

“Tentu permasalahan ini harus ada solusi, antara lain penyediaan sarana dan prasarana dari rumah ke TPS, diperlukan partisipasi masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dilingkungannya, hal inilah yang mendasari program bantuan hibah dengan memberikan motor sampah pada masyarakat,” katanya.

Rekotomo, menambahkan hibah barang-barang ini berdasarkan proposal yang masuk dari masyarakat.

“Bantuan hibah barang ini berdasarkan pengajuan proposal dari masyarakat, kami berharap dengan adanya hibah barang ini dapat menjadi stimulasi pada masyarakat dalam membantu pemerintah Kota bandung khususnya dalam menangani permasalahan pengankutan sampah dan kebersihan lingkungannya,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Ayi, Ini bantuan untuk kecamataan yang nanti pelaksanaan pengelolannya oleh kelurahan, tiap kelurahan mendapat dua motor sehingga masing masing RW bisa diangkut sampahnya secara begiliran.

“Sehingga diharapkan, dengan adanya motor pengangkut sampah ini, sampah-sampah rumah tangga yang disimpan pada pemukiman warga dapat segera diangkut ke TPS oleh para petugas di tiap kelurahan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ayi menyerahkan delapan unit kendaraan motor sampah kepada forum RW Kecamatan Cibeunying Kaler dan satu unit kendaraan motor sampah pada RW.04 Kecamatan kelurahan Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik. (red)