Home Sudut Kota Pesawat TNI AU Tergelincir di Landasan Pacu BHS

Pesawat TNI AU Tergelincir di Landasan Pacu BHS

SHARE
Pesawat milik TNI AU tergelincir di landasan pacu Bandara Husein Sastranegara (BHS), Kota Bandung, Selasa (20/3).

Balkot.Com, Bandung – Pesawat milik TNI AU tergelincir di landasan pacu Bandara Husein Sastranegara (BHS), Kota Bandung, Selasa (20/3). Semua, selamat, tidak ada yang luka-luka.

Berdasarkan informasi yang didapat, musibah terjadi Selasa sekitar pukul 10.00 WIB. Adapun pesawat yang tergelincir jenis Cassa A 2108.

Diduga pesawat tergelincir saat akan lepas landas. Hingga pukul 11.20 WIB, posisi pesawat masih di ujung landasan pacu, belum dipindah.

Walau selama satu jam lebih, tidak ada pergerakan untuk memindahkan pesawat yang tergelincir, sesungguhnya pesawat itu tidak diabaikan.

Petugas dan mobil pemadam kebakaran, begitu mengetahui ada pesawat yang tergelincir, langsung bergerak mendatangi pesawat.

Humas PT Angkasa Pura II Mabruri mengaku belum tahu-menahu soal pesawat tergelincir tersebut.

“Silakan tanyakan ke AURI, karena pesawat itu milik TNI AU,” ujar dia. Dia juga enggan berkomentar apakah aktivitas pesawat tersebut pagi ini, dan berapa jumlah awak di dalam pesawat.

Kepala Penerbangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Husein Sastranegara, Mayor Sus Suprih Adrayanto menuturkan, pesawat tersebut mengalami after landed nose steering, sehingga pesawat tergelincir keluar 5 meter dari tepi runway Taxiway C dan Taxiway B.

Kendati demikian pesawat yang terdapat 15 penumpang baik pilot dan co-pilot, tidak ada korban jiwa maupun materil dalam kejadian tersebut.

“Pesawat mengalami tergelincir pukul 09.41 WIB ketika akan landing, setelah melaksanakan misi pemotretan udara di aliran sungai Citarum dan Cisanti Jawa Barat,” ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya, pesawat tersebut selesai dievakuasi pada pukul 11.30 WIB, dan tidak ada kerusakan yang signifikan sehingga dapat melanjutkan misi penerbangan. (Aris)