Home Hukum & Kriminal PP Muhammadiyah Menilai Pelaku Bom Surabaya Perbuatan Orang Kafir

PP Muhammadiyah Menilai Pelaku Bom Surabaya Perbuatan Orang Kafir

SHARE
Ledakan bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya mengakibatkan 11 orang tewas dan puluhan lainnya luka dan dirawat di RS dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Balkot.Com, Jakarta – Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengutuk keras peristiwa pengeboman di tiga gereja di Kota Surabaya, Jawa Timur, Ahad (13/5).

“PP Muhammadiyah menyampaikan duka cita dan keprihatinan yang mendalam kepada mereka, umat Kristiani dan mereka yang jadi korban,” kata Sekretaris Jenderal PP Muhammadiyah, Abdul Muti, dikutip di tvOne, Ahad (13/5).

Muhammadiyah menilai, apa yang dilakukan terduga pelaku bom di tiga gereja merupakan perbuatan seorang kafir, apapun agama yang dipeluk pelaku.

“Muhammadiyah mengutuk keras pemboman ini, apapun motif mereka dan apapun agamanya, karena membunuh adalah perbuatan seorang kafir,” kata Muti.

Untuk itu Mu’ti mendesak aparatur keamanan untuk mengusut tuntas aktor, provokator, dan aktor intelektual di balik pengeboman.

“Aparatur keamanan hendaknya tidak terburu-buru menyampaikan pernyataan publik sebelum melakukan penelitian komprehensif sehingga tidak menimbulkan kesimpangsiuran,” tegas Mu’ti.

Mu’ti juga mengimbau, hendaknya masyarakat tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh berita-berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan yang disebarkan oleh pihak- pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Masyarakat hendaknya tidak berspekulasi dan mengaitkan pemboman dengan peristiwa politik dan kelompok agama tertentu agar situasi tetap kondusif dan harmonis,” pungkas Mu’ti.(*/Ari)