Home Ekonomi Turis Mancanegara ke Biak Meningkat

Turis Mancanegara ke Biak Meningkat

SHARE
Ilustrasi --- Turis Mancanegara.

Biak, Balkot.com — Jumlah kunjungan turis mancanegara ke Kabupaten Biak Numfor, Papua mengalami peningkatan dari tahun 2015 sebanyak 1.779 orang menjadi 3.399 wisatawan di 2016.

Pelaksana Tugas Sekda Biak Numfor Enias Rumbewas di Biak, Senin mengatakan salah satu daya tarik wisatawan adalah tempat peninggalan sejarah perang dunia, keindahan alam laut Pulau Biak serta keanekaragaman budaya masyarakat adat Biak melalui Festival Biak Munara Wampasi.

Ribuan wisatawan mancanegara ke Biak di tahun 2016, menurut data Dinas Pariwasat berasal dari Jepang, Belanda, Australia, Tiongkok dan Eropa.

Sementara untuk jumlah kunjungan wisatawan nusantara yang berkunjung ke Biak juga mengalami lonjakan dari 28 ribu wisatawan naik menjadi 30 ribuan orang di tahun 2016.

“Pemkab Biak Numfor optimistis di 2017 ini arus kunjungan wisatawan ke Biak Numfor akan mengalami peningkatan dalam upaya menjadikan Biak sebagai destinasi wisata,” ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Turbey O Dangeubun mengatakan Pemkab Biak Numfor pada 2017 akan mengelar Festibal Biak Munara Wampasi sebagai even pariwisata tahunan pariwisata daerah.

“Untuk pengelolaan Festival Biak Munara Wampasi, kami akan melibatkan mitra penyelanggara festival, ya ini kami akan membuka penawaran lelang dalam waktu dekat,” katanya.

Festival itu akan dilangsungkan pada Juli 2017 dengan kegiatan diantaranya menangkap ikan tradisional (snapmor), lomba perahu adat Mansusui, kunjungan wisata ke Kepualauan Padaido-Aimando, pameran, hiburan serta atraksi berjalan di atas batu panas (apen byaren).