Home Olahraga Tutup Tahun 2016, Ronaldo Raih Penghargaan Ballon d’Or Keempat Kalinya

Tutup Tahun 2016, Ronaldo Raih Penghargaan Ballon d’Or Keempat Kalinya

SHARE

Balkot.com, Paris – Cristiano Ronaldo menutup tahun 2016 ini secara mengesankan dengan meraih penghargaan Ballon d’Or keempat kalinya, melengkapi kesuksesannya membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions dan tim nasional Portugal meraih trofi Piala Eropa.

Ronaldo kini mendekati rekor Lionel Messi yang telah lima kali meraih penghargaan paling bergengsi di lingkup persepakbolaan Eropa tersebut. Pemain klub Barcelona asal Argentina tersebut kali ini menempati urutan kedua dalam voting yang digelar pada Senin malam (Selasa pagi WIB) itu.

Ronaldo dan Messi sejak 2011 selalu menempati dua posisi teratas dalam penghargaan Ballon d’Or.

“Bagi saya ini merupakan penghargaan yang keempat kalinya ini merupakan hal yang luar biasa, seperti saat meraih yang pertama kalinya, rasanya seperti mimpi yang terwujud kembali.

Saya tidak mengira meraih penghargaan ini empat kali, Saya sangat senang,” kata Ronaldo, yang sebelumnya meraih Ballon d’Or pada 2008, 2013, dan 2014.

“2016 ini mungkin sebagai tahun terbaik dalam karir saya, bersama Real Madrid dan Portugal,” ujarnya.

“Real sering memenangi gelar juara, sementara Portugal sebelumnya tiga pernah meraih juara di turnamen besar, jadi trofi (Euro 2016) ini adalah spesial. Bukan merendahkan Liga Champions, namun gelar bersama timnas Portugal memang lebih tinggi,” tambahnya.

Penghargaaan Ballo d’Or, yang digabung dengan penghargaan pemain terbaik dunia FIFA pada 2010-2015 menjadi FIFA Ballon d’Or, kini kembali dilakukan oleh majalah France Football, setelah kerja samanya berakhir.

Total 173 jurnalis melakukan voting, dan tidak lagi pelatih dan kapten tim nasional yang sebelumnya dilibatkan untuk penghargan FIFA.

Dalam Ballon ‘d’Or 2016 ini pemain klub Atletico Madrid asal Prancis Antoine Griezmann menempati urutan ketiga.

Pemain depan Uruguay Luis Suarez urutan keempat dan pemain Brazil Neymar urutan kelima, sehingga ada tiga pemain Barcelona yang berada di lima besar.