Home Pendidikan UNBK Tingkat SMK se-Jabar Diikuti 314.547 Peserta

UNBK Tingkat SMK se-Jabar Diikuti 314.547 Peserta

SHARE
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi, meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 12 Bandung, Senin (2/4).

Balkot.Com, Bandung – Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi, meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 12 Bandung, Senin (2/4). Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran pertama yang diujikan.

UNBK tingkat SMK sendiri akan berlangsung selama 4 hari, akan berakhir Kamis (5/4). Selain bahasa Indonesia, mata pelajaran lain yang akan diuji adalah Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.

Setelah UNBK tingkat SMK akan disusul dengan UNBK tingkat SMA yang akan berlangsung juga selama 4 hari mulai tanggal 9 April hingga 12 April.

Setelah itu, akan diakhiri UNBK tingkat Paket C yang akan berlangsung 27 April hingga 29 April.

SMKN 12 menggunakan empat ruangan untuk melaksanakan UNBK. Keempatnya terdiri dari tiga laboratorium komputer dan satu perpustakaan.

Pelaksanaan ujian dibagi dalam tiga seksi. Setiap seksi diikuti 33 hingga 35 siswa per ruangan.

“Peserta ujian sebanyak 409 siswa SMKN 12 ditambah sembilan dari SMK Otista sehingga jumlahnya 418, dibagi dalam tiga seksi,” ujar Kepala Sekolah SMKN 12, Lukman, kepada wartawan.

Setelah seksi pertama selesai, Ahmad Hadadi, menuju perpustakaan yang dijadikan ruang ujian.

Menurut Ahmad Hadadi, pelaksanaan ujian di SMKN 12 berjalan baik.

“Minimal jumlah komputer sepertiga dari jumlah siswa peserta UNBK, jika dibagi tiga seksi,” ujarnya.

Ahmad Hadadi juga mengatakan sampai saat ini tidak ada laporan kebocoran kunci jawaban. Menurut Ahmad Hadadi, distribusi soal dari Kemendikbud sampai ke sekolah berlangsung secara ketat.

Kode atau token soal pun tidak dapat dilihat siswa sampai setengah jam sebelum ujian dimulai.

Adapun jumlah pelajar SMK Jabar yang akan mengikuti UNBK adalah 314.547 peserta. Seluruh siswa tersebut berasal dari 2.682 sekolah.

“Jumlah pelajar SMA yang akan mengikuti UNBK pada tanggal 9 mendatang 213.078, mereka berasal dari 1.530 sekolah. Sementara peserta UNBK Paket C 43.081 orang yang berasal dari 1.129 pusat belajar,” pungkasnya. (Her)