Home Politik Untuk Pileg dan Pilpres 2019, Partai Idaman Gabung dengan PAN

Untuk Pileg dan Pilpres 2019, Partai Idaman Gabung dengan PAN

SHARE

Balkot.Com, Jakarta – Partai Idaman menyatakan bergabung dengan PAN untuk Pemilu 2019. Rhoma Irama akan ditawarkan posisi elite, Dewan Kehormatan, Dewan Penasihat, atau Wakil Ketua Umum.

“Bukan fusi. Kita berkoalisi, bekerja sama, jadi Partai Idaman tetap. Partai Idaman dan PAN bekerja sama untuk Pileg dan Pilpres 2019,” kata Rhoma di Hotel Royal Kuningan, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Jumat (11/5).

Dengan adanya kerjasama antar Partai Idaman dengan PAN diharapkan, pihak PAN membuka pintu untuk caleg dari Idaman.

“Kita dalam bergabung akan fokus membesarkan partai, yaitu PAN,” jelas legenda dangdut Indonesia.

Untuk pembagian porsi caleg antara Idaman dan PAN, Rhoma menyebutkan kader Partai Idaman akan ditempatkan di daerah yang kurang berpotensi menang bagi PAN. Sedangkan caleg PAN akan mengisi di daerah yang kurang berpotensi menang bagi Partai Idaman.

“Jadi gini sistemnya, di mana partai PAN lemah kita prioritas, caleg kita prioritas. Di mana PAN kuat calegnya, kita nomor berikutnya, tidak prioritas, sehingga terjadi suatu sinergi saling mengisi,” jelas dia.

Waketum PAN Viva Yoga MauladiĀ  menyambut gembira bergabungnya Partai Idaman, untuk itu akan disiapkan posisi elite untuk Ketua Umum Partai Idaman, Rhoma Irama.

“Soal posisi, Bang Haji tidak jadi masalah. Apakah di Dewan Kehormatan, Dewan Penasihat, atau Wakil Ketua Umum, nanti akan kami sampaikan ke Bang Haji,” kata Viva.

Dijelaskan Viva, penggabungan PAN dan Idaman bisa terjadi karena persamaan platform perjuangan politik. Di samping itu, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Rhoma punya pandangan sama terkait cara memajukan umat dan bangsa.

“Bang Haji Rhoma Irama dan Bang Zulkifli memiliki kesamaan pandangan politik dalam membangun kemajuan umat dan bangsa,” ucapnya.

Viva mengatakan kader dan pengurus Partai Idaman akan segera menjadi bagian dari PAN. Mereka dipersilakan maju sebagai caleg PAN.

“Kader dan pengurus Partai Idaman akan mendaftarkan diri sebagai calon legislatif PAN, untuk tingkat DPR RI dan DPRD provinsi, kabupaten/ kota,” tutupnya.

Dihubungi terpisah, Sekjen Partai Idaman Ramdansyah membenarkan adanya perpindahan kader Partai Idaman ke partai besutan Amien Rais itu. Namun ia mengaku tidak bisa berbicara banyak, karena sudah mengundurkan diri dari Partai Idaman.

“Betul itu. Tapi saya sendiri tidak bisa bikin statement karena sejak 1 Mei mengundurkan diri dari Idaman. Budaya ini kan, saya bertanggung jawab secara teknis terkait tidak lolosnya Idaman sebagai peserta pemilu,” pungkasnya.(Ris)