Home Sudut Kota Wejangan Mang Ihin untuk Iwan Bule saat Didaulat Menjadi Tokoh Jabar

Wejangan Mang Ihin untuk Iwan Bule saat Didaulat Menjadi Tokoh Jabar

SHARE
Solihin GP (Mang Ihin) saat melakukan Pemandatan kepada Komjen Pol Mochamad Iriawan (Iwan Bule) untuk menjadi Tokoh Jabar, Bumi Siliwangi, Jl Kiputih, Cieumbeuleut, Bandung, Minggu (13/5).

Balkot.Com, Bandung – Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Komisaris Jenderal Polisi Mochamad Iriawan (Iwan Bule) didaulat menjadi tokoh Jawa Barat (Jabar) oleh sejumlah masyarakat adat Sunda.

Solihin GP (Mang Ihin), tokoh Jabar mengatakan dirinya sudah mengenal baik Iriawan sejak lama, sehingga merasa perlu mengamanatkan hal besar bagi Iwan Bule terkait untuk kemajuan warga Jabar dan Indonesia.

“Saya kenal Iwan Bule tidak sebentar, tidak sehari, tidak saat hadapi satu kejadian saja. Bahkan jauh-jauh hari saya sudah kenal Iwan Bule,” kata Mang Ihin, dalam Deklarasi Pemandatan Tokoh Jabar di Jalan Kiputih, Ciumbuleuit, Bandung, Minggu (13/5).

Sebagai abdi negara, kata Mang Ihin, Iwan yang kini ditugaskan di Lemhanas harus mengabdikan diri untuk Jabar dan NKRI.

‎”Kita memang belum optimal mengabdikan diri pada negara. Sekarang kita sempurnakan, Iwan Bule itu dikenal banyak orang, dipercaya. Sok sekarang kita babarengan (bersama-sama) menegaskan Jabar untuk NKRI,” ujar dia.

Mantan Gubernur Jabar itu meyakini Komjen M Iriawan mampu membawa Jabar lebih baik.

“Saya percaya bahwa Kang Iwan bule mampu untuk melaksanakan apa yang kita semua harapkan,” ujarnya.

Iwan menjelaskan dirinya tak pernah terbersit dimandatkan hal besar oleh tokoh sekaliber Solihin GP.

“Beliau minta sampai dua kali pada saya, termasuk saat dulu minta saya mencalonkan diri di Pilgub Jabar, tapi karena saya cita-cita di Polri jadi belum berkesempatan. Sekarang beliau minta lagi ‎pemandatan sesepuh Jabar. Ini berat, tapi karena ini permintaan sesepuh, dengan setulus hati, saya mengerti dan saya terima,” ujar Iwan.

Disinggung pemandatan dari sesepuh Jabar ini terkait menjelang Pemilihan Presiden 2019 Iwan membidik kursi Wakil Presiden, Iwan mengaku belum memikirkan hal itu.

‎Ia menyebut masih banyak senior di Polri maupun TNI.

“Saya akan jalankan amanah apapun dari sesepuh Jabar demi kemajuan Jabar dan NKRI. Soal Pilpres nanti saya belum terpikir,” ujar mantan Kapolda Jabar itu.

Pada kesempatan itu, sejumlah kelompok adat di berbagai daerah di Jabar dan Banten turut hadir satu diantaranya anggota DPR RI Popong Otje Djundjunan. (Ris)